9 Istilah Kesehatan yang Sering Disalahartikan

Dunia kesehatan mempunyai beberapa istilah khusus, namun bagi orang awam istila-istilah ini banyak disalahartikan. Bagi yang penasaran tentang berbagai istilah dunia kesehatan cek di pafikabpurworejo.org.

Penjelasan selengkapnya tentang istilah kesehatan dan artinya yang tepat, bisa simak uraian berikut!

Istilah-Istilah Kesehatan dan Artinya

Istilah Kesehatan yang Sering Disalahartikan
Istilah Kesehatan yang Sering Disalahartikan

Istilah kesehatan banyak muncul saat konsultasi dengan dokter, saat membaca berita kesehatan di media cetak maupun digital, dan lainnya. Jika Anda belum paham istilah kesehatan tersebut, bisa jadi arti yang Anda tangkap berbeda.

Inilah beberapa istilah ini yang sering disalahartikan oleh masyarakat, yaitu:

1. Akut

Istilah satu ini sering dikaitkan dengan suatu penyakit yang parah. Padahal “akut” dalam istilah ini lebih tepatnya menyebutkan penyakit yang terjadi secara tiba-tiba.

Penderita akan mengalami sakit dalam waktu singkat dan serius, jadi memerlukan pertolongan yang cepat dan tepat.

2. Gula Darah

Istilah medis gula darah sering disalahartikan oleh orang awam. Padahal gula darah ini artinya keberadaan gula maupun glukosa yang berada dalam darah. Gula darah yang tinggi memicu diabetes.

Jumlah kadar gula darah masing-masing orang berbeda. Hal ini seluruh dengan kegiatan yang dilakukan.

3. Diagnosis

Diagnosis merupakan identifikasi suatu penyakit yang diderita seseorang. Pada kamus diagnosa dokter, proses diagnosis sangat penting untuk menentukan pengobatan terbaik.

4. Faktor Risiko

Istilah kesehatan yang biasa muncul saat konsultasi dengan dokter atau dalam berita kesehatan adalah faktor risiko. Faktor risiko merujuk terhadap kebiasaan maupun karakteristik sebelum penyakit menyerang tubuh.

Faktor risiko sangat penting karena menjadi penentu tindakan penanggulangan dan pencegahan. Misalnya, seorang perokok mempunyai faktor risiko penyakit jantung.

5. Kronis

Istilah kronis sering muncul untuk menyebutkan seseorang yang penyakitnya parah dan sulit disembuhkan. Namun, istilah kedokteran dan artinya dari kronis yang sebenarnya adalah penyakit dalam periode berulang.

Maksudnya, seseorang menderita penyakit dalam waktu lama dan penyakit terjadi secara terus-menerus, perlahan, dan semakin serius. Misalnya, penyakit kronis seperti diabetes.

6. Prognosis

Istilah kesehatan prognosis merujuk pada ramalan kejadian selanjutnya akibat penyakit maupun penyembuhan setelah tindakan pengobatan, seperti operasi.

Dengan demikian, prognosis menunjukkan sebuah prediksi dokter tentang kondisi pasien di masa yang akan datang.

7. Skrining

Skrining dalam istilah ini merujuk pada suatu deteksi dini dengan tujuan mengetahui seseorang mempunyai penyakit atau tidak. Proses ini berguna agar pasien bisa segera mendapatkan penanganan medis.

Bagi Anda yang ingin melakukan skrining ada dua skrining kesehatan yang ditanggung BPJS, yakni skrining preventif sekunder selektif dan skrining preventing primer.

8. Kemoterapi

Transfusi darah darah dalam kamus bahasa medis adalah pengobatan untuk merusak serta membunuh sel kanker menyeluruh.

Kemoterapi bertujuan mencegah kanker agar tidak menyebar serta memperlambat sel kanker tumbuh. Selain itu, kemoterapi juga bisa membunuh sel kanker yang menyebar.

9. Alergen

Alergen artinya antigen, yakni zat yang bisa merangsang respon imun. Alergen bertanggung jawab memproduksi reaksi alergi.

Reaksi alergi bisa menyerang siapa saja, seperti serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, maupun makanan dan minuman tertentu.

Demikianlah penjelasan tentang istilah dunia kesehatan yang sering disalahartikan masyarakat. Bagi Anda yang ingin memahami istilah dunia kesehatan yang lainnya, bisa cek di pafikabpurworejo.org. Semoga membantu!